Monday, February 26, 2018

Bocoran Soal Ujian Perangkat Desa Tahun 2018 (Prediksi dari Kisi - Kisi)

Bocoran Soal Ujian Perangkat Desa Tahun 2018 yang saya bagikan pada kesempatan kali ini bisa anda jadikan gambaran untuk soal yang akan keluar pada saat tes tertulis. Mengapa begitu?? Karena  di Internet sudah bermunculan kisi - kisi lengkap untuk ujian perangkat desa yang isinya memuat keseluruhan materi dan kumpulan soal perangkat desa ini mengacu pada hal tersebut.

Bocoran Soal Ujian Perangkat Desa Tahun 2018 (Prediksi dari Kisi - Kisi)

Ujian perangkat desa dibagi menjadi 3 tahap yaitu ujian tertulis, tes wawancara, dan juga tes keterampilan komputer. Ujian tertulis digunakan untuk mengukur kemampuan individu dalam mata pelajaran umum dan juga segala sesuatu mengenai desa. Tes Wawancara dilakukan panitia untuk mengetahui seperti apa kepribadian seseorang yang akan mengisi kursi kosong untuk menjadi perangkat desa baru. 

Sedangkan pengadaan tes keterampilan komputer berfungsi untuk melihat seberapa sigap seseorang dalam hal pengoperasian komputer. Karena tidak menutup pemikiran bahwa di tahun ini negara Indonesia sudah memasuki dunia digital, dimana hampir semua pekerjaan tidak lepas dari yang namanya gadget (Komputer dan Android).

Berbicara mengenai tes keterampilan komputer, Blog Tiga Mata juga mempunyai latihan yang cocok dan bisa anda gunakan untuk mengasah keterampilan dalam bidang tersebut.


Di dalam artikel itu terdapat latihan soal ujian perangkat desa yang bisa anda kerjakan secara online. Soalnya bersifat internal, artinya masih berkaitan dengan desa. Seperti cara kerja, peraturan desa, keanggotaan perangkat desa, dll

Tapi kok tampaknya tidak berkaitan dengan komputer sama sekali min!! Bisa saya bilang itu cuma dasarnya saja gan. Yang penting anda sudah bisa mengoperasikan komputer serta  menggunakan aplikasi yang sering dikaitkan dengan perkantoran seperti microsoft office, itu sudah cukup menurut saya.


Ujian Perangkat Desa


Materi yang akan diujikan para calon perangkat desa sangatlah banyak. Pertama yang masih berkaitan dengan Desa seperti peraturan desa, peraturan daerah, pemberdayaan masyarakat, bahasa indonesia (wajib), Pancasila, dan juga UUD 1945. 

Admin rasa materi tersebut hampir mirip dengan tes wawasan kebangsaan saat seleksi ujian CPNS.

Dan untuk jenis soal yang kedua adalah pengetahuan umum. Ada beberapa daerah yang masih menggunakannya dan juga ada yang tidak. Tergantung masing - masing daerah sihh.  Cara mengetahui kepastiannya gimana min?? Coba tanyakan hal tersebut kepada perangkat desa yang bersangkutan, mengenai soal seperti apa yang keluar pada saat ujian yang beliau kerjakan dulu.

Berikut ini rincian mapelnya menurut info yang sudah admin dapatkan : 
  1. Soal pengetahuan umum
  2. Matematika
  3. Pendidikan Agama
  4. Tes Psikotes (Antonim, Sinonim, Korelasi Makna)
  5. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Bocoran Soal Ujian Perangkat Desa Tahun 2018 (Prediksi dari Kisi - Kisi)


Saya yakin, anda sudah paham mengenai gambaran dari materi yang saya sebutkan diatas. Misalnya untuk pendidikan umum dan psikotes. Sedangkan pada jenis soal yang berhubungan dengan desa masih banyak yang terlalu awam dengan hal tersebut. 

Maka dari itu saya juga sudah memberikan file yang berkaitan dengan desa, berikut ini link download resmi yang berasal dari website dpr.go.id. Ini juga termasuk kisi - kisi lo yaa!! jangan lupa dipelajari.


File tersebut bisa saya bilang gabungan dari seluruh materi yang harus anda pelajari agar lolos tes. Mulai dari peraturan desa, pemerintahan desa, kepala desa, perangkat desa, BPD, Hak dan Kewajiban Desa, dan lain - lain.

Kembali lagi ke topik bocoran soal ujian perangkat desa (prediksi). Soal ini hanya digunakan sebagai latihan saja agar anda bisa lebih siap menghadapi tes. Format yang saya gunakan untuk soal perangkat desa adalah PDF. File dengan format tersebut bisa anda akses melalui android atau pun komputer.

Kunci jawaban pada soal perangkat desa tersebut gimana min? Ada yang sudah saya sediakan kunci jawaban, ada juga yang belum. Anda bisa mencari jawabannya satu - persatu di Internet. Karena materi yang bertebaran di google bisa saya bilang sangat lengkap. 
  1. [UTAMA] Soal Tentang Desa
  2. Soal Antonim/Lawan Kata
  3. Soal Sinonim
  4. Soal Pengetahuan Umum
  5. Soal Bahasa Indonesia
  6. Soal Bahasa Inggris
  7. [CAMPURAN] Lengkap
Semoga semua soal berbagai kategori tersebut bisa bermanfaat untuk kelancaran seleksi menjadi perangkat desa tahun ini. Jika terdapat link download yang error bisa komplain di kolom komentar. 

Kata Mutiara Hanya Berlaku Di Saat PROSES AWAL dan Terlihat Biasa Saat Kamu Meraih HASIL..


EmoticonEmoticon