Lolos Seleksi 100%!! Simak Kisi - Kisi Ujian Perangkat Desa ini

Kisi - Kisi Ujian Perangkat Desa | Lolos Seleksi?? Bisa saja terwujud dengan menyimak studi kasus yang akan saya buat di artikel ini. 

Lolos Seleksi 100%!! Simak Kisi - Kisi Ujian Perangkat Desa ini

Ujian Perangkat desa di mulai tahun 2014 dipilih dengan cara penyaringan (Tes). Hal itu sudah tercantum ke dalam Undang - Undang No. 06 Tahun 2014. Jenis tes yang akan diikuti para peserta mempunyai tiga (3) tahapan yaitu tes tertulis, komputer, dan wawancara.

Kabar terbarunya lagi, ada beberapa daerah yang memberlakukan jenis tes pidato. Kegunaan dari jenis tes tersebut adalah untuk melatih keterampilan berbicara di depan umum (public speaking).

Menghadapi Tiga (3) Jenis Tes Perangkat Desa


Tanpa usaha, posisi menjadi perangkat desa hanya menjadi angan - anganmu saja. 

Usaha seperti apa min?? Mencari soal - soal latihan perangkat desa, menganalisa cara menghadapi tes wawancara seperti pertanyaan apa saja yang akan keluar saat tes, dan belajar gadget khususnya komputer sejak jauh - jauh hari. 

Sedangkan tes pidato, jika anda ingin lolos tes tersebut, maka yang harus anda lakukan adalah melatih mental dan juga mempelajari materi dari tema yang sudah disediakan pihak panitia.

Khusus untuk pembelajaran ujian tertulis perangkat desa, blog Tiga Mata mempunyai kumpulan soal yang banyak yang bisa anda jadikan latihan.

Baca : Inilah Kumpulan Soal Ujian Perangkat Desa yang Sering Dicari

Di dalam artikel tersebut terdapat lebih dari 10 contoh soal lebih yang bisa anda jadikan latihan agar siap menghadapi tes tertulis. Bentuk soalnya pun bervariasi, ada yang menggunakan format pdf dan juga menggunakan sistem online seperti pada tes CAT CPNS.

Kisi - Kisi Ujian Perangkat Desa


Kisi - Kisi ujian perangkat desa ini mencakup keseluruhan materi yang berkaitan dengan desa. Sebenarnya ada beberapa daerah yang masih menggunakan Ilmu Pengetahuan Umum seperti :
  1. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
  2. Agama
  3. PPKN (Pancasila, Undang - Undang, UUD 1945).
  4. Psikotes
  5. dll
Tapi menurut saya yang harus dipelajari dari 0 adalah materi tentang desa. Karena di sekolah atau pun di universitas materi palajaran ini jarang dibahas. Berikut ini rangkuman materi yang biasanya keluar saat tes tertulis untuk menjadi perangkat desa.

materi ujian perangkat desa

Sedangkan untuk rincian selengkapnya anda bisa download UU No 4 Tahun 2014, atau bisa juga menyimak ulasan di bawah ini :

#Desa

Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

#Pemerintah Desa

Pemerintahan Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Pemerintah Desa adalah Kepala Desa atau yang disebut dengan nama lain dibantu perangkat Desa sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Desa.

#Kepala Desa

Tugas dari kepala desa sangatlah banyak. Diantaranya dan yang paling penting adalah :
  1. mengelola Keuangan dan Aset Desa
  2. melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Desa
  3. menyelesaikan perselisihan masyarakat di Desa
  4. mengembangkan perekonomian masyarakat Desa; m. membina dan melestarikan nilai sosial budaya masyarakat Desa
  5. memberdayakan masyarakat dan lembaga kemasyarakatan di Desa
  6. mengembangkan potensi sumber daya alam dan melestarikan lingkungan hidup
  7. memberikan informasi kepada masyarakat Desa

Hampir sama dengan pejabat tinggi pada umumnya, kepala desa juga diberikan masa jabatan yaitu masa kerja 6 tahun sejak tanggal pelantikan. Dan cuma bisa menjabat menjadi kepala desa dengan batasan 3 kali periode/3 kali masa jabatan.

#Perangkat Desa

Perangkat Desa terdiri atas sekretariat Desa, pelaksana kewilayahan, dan pelaksana teknis. Diangkat oleh Kepala Desa dan bertugas membantu Kepala Desa dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya.

Persyaratan untuk menjadi perangkat desa adalah sebagai berikut : 

  1. berpendidikan paling rendah sekolah menengah umum atau yang sederajat
  2. berusia 20 (dua puluh) tahun sampai dengan 42 (empat puluh dua) tahun
  3. terdaftar sebagai penduduk Desa dan bertempat tinggal di Desa paling kurang 1 (satu) tahun sebelum pendaftaran
  4. syarat lain yang ditentukan dalam Peraturan Daerah Kabupaten/Kota

Larangan yang harus dipatuhi oleh perangkat desa sangat banyak, pasti anda bisa menalarnya. Seperti merangkap jabatan sebagai ketua dan/atau anggota Badan Permusyawaratan Desa dan menjadi pengurus partai politik. Karena bisa mengganggu tugas dari perangkat desa tersebut.

#BPD 

Badan Permusyawaratan Desa mempunyai fungsi:
  1. membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa
  2. menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa
  3. melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa

Sumber : UU No. 06 Tahun 2014 Tentang Desa

Previous
Next Post »