Tuesday, March 6, 2018

Inilah Kumpulan Soal Ujian Perangkat Desa yang Sering Dicari

Inilah Kumpulan Soal Ujian Perangkat Desa yang Sering Dicari | Menjelang diadakannya Ujian Perangkat Desa yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Pasti banyak yang mencari soal - soal untuk peserta yang akan .mengikuti seleksi.

Inilah Kumpulan Soal Ujian Perangkat Desa yang Sering Dicari

Berlatih dengan cara mengerjakan contoh soal merupakan cara yang baik dalam mempersiapkan diri menghadapi tes tertulis tersebut agar lolos seleksi.

Dari tahun ke tahun, semakin banyak orang yang berminat terhadap pekerjaan ini. Alasan utamanya memang faktor gaji dalam bentuk uang, tunjangan, dan juga tanah bengkok milik desa yang bersangkutan (Walau pun tidak boleh dijual).

Persyaratan Menjadi Perangkat Desa


Mengapa harus ada min?? Jika tidak diberlakukan persyaratan (minimal) untuk calon perangkat desa, maka hasilnya akan fatal. Kinerjanya pasti tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Contohnya, proses pelayanan masyarakat lemot, banyak pekerjaan yang berantakan, dan juga yang lainnya.

Dikutip dari dari Undang - Undang No 06 Tahun 2014, syarat untuk para peserta ujian perangkat desa adalah sebagai berikut : 


  1. Berpendidikan paling rendah sekolah menengah umum atau yang sederajat
  2. berusia 20 (dua puluh) tahun sampai dengan 42 (empat puluh dua) tahun
  3. terdaftar sebagai penduduk Desa dan bertempat tinggal di Desa paling kurang 1 (satu) tahun sebelum pendaftaran; dan 
  4. syarat lain yang ditentukan dalam Peraturan Daerah Kabupaten/Kota

Biasanya untuk menjamin keamanan dan juga untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, panitia dari pelaksanaan ujian perangkat desa menyertakan syarat lain. Diantaranya harus mempunyai KTP dan menyertakan Fotocopy KTP, Fotocopy Kartu Keluarga, mengurus SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba), dll.

3 Tes yang Harus Diikuti Para Calon Perangkat Desa


Terdapat tiga(3) tes yang harus diikuti oleh peserta seleksi. Masing - masing tes mempunyai fungsi yang berbeda - beda. Berikut ini penjelasannya yang sudah saya rangkum dalam satu gambar : 

3 Tes yang Harus Diikuti Para Calon Perangkat Desa

Penjelasan :

#1. Tes wawancara


Tes wawancara berfungsi untuk melihat seperti apa sih karakteristik dari peserta yang satu ini??Biasanya tes semacam ini dilakukan oleh anggota desa yang sudah berpengalaman. Cara menghadapi tes ini mudah untuk orang yang paham terhadap maksud dari tes tersebut.

Anda bisa mulai mempelajarinya dengan melihat referensi dari artikel yang bertebaran di Google dan silahkan pilih metode apa yang cocok dengan diri anda.

#2. Tes Ko
mputer

Tes komputer mulai dijadikan tes wajib, para peserta pun harus punya bekal standar untuk menghadapi tes yang satu ini. Kok begitu? Alasannya sudah saya berikan pada gambar di atas.

Apa saja yang harus dipersiapkan??

Penguasaan Microsoft Office (wajib yaa!!). Sebenarnya itu masih standarnya saja. Para peserta diharuskan bisa terampil dan cekatan terhadap pengoperasian komputer. Baik itu aplikasi, pengetikan, membuat surat, mengatur dokumen, dll.

Untuk LATIHAN : Buat 1 lembar surat undangan dengan ketentuan undangan musyawarah pembangunan jembatan di wilayah kademangan; hari pelaksanaan Kamis, 21 Maret 2018; pukul 18.30; tempat balai desa. LAKUKAN DALAM 5 Menit.

#3. Tes Tertulis


Tes yang dilaksanakan paling awal dengan saingan terbanyak. Dalam perlombaan bisa dibilang ini adalah babak penyisihan. Peserta masih padat, belum ada yang gugur. Fungsi tes ini digunakan untuk mengukur kecerdasan dari para peserta.

Dari tes tersebutlah artikel ini dibuat. Tiga Mata ingin membantu anda untuk lolos dalam tes tersebut dengan cara membagikan Kumpulan Soal Ujian Perangkat Desa. Soal ini saya temukan dari internet dan disertai tambahan soal dengan acuan yang berasal dari materi soal ujian perangkat desa di UU No. 6 Tahun 2014.

Kumpulan Soal Ujian Perangkat Desa


Apa saja isinya? Latihan soal online, soal berbentuk pdf, dan juga kunci jawaban. Semua soal itu bisa anda jadikan bahan pembelajaran di hari pelaksanaan te
s.

Soal Ujian Perangkat Desa Pdf


Kata Mutiara Hanya Berlaku Di Saat PROSES AWAL dan Terlihat Biasa Saat Kamu Meraih HASIL..


EmoticonEmoticon