Contoh Soal Kimia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya

Contoh Soal Kimia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya - Latihan soal yang admin bagikan ini bisa kamu gunakan untuk melakukan proses pembelajaran guna persiapan UAS/PAS (Penilaian Akhir Semester) kimia kelas 12 semester 1 yang dijadwalkan akan dilaksanakan di bulan desember menurut postingan Kompas yang di rilis dan disesuaikan dengan kalender pendidikan yang ada.

Materi PAS 1 kimia yang akan diujikan terdiri atas 3 bab, yaitu tentang :
  1. Sifat Koligatif Larutan
  2. Reaksi Oksidasi dan Reduksi
  3. Unsur-unsur Golongan Utama
Karena 2 bab pertama bisa digolongkan ke dalam materi PTS, maka dari itu admin memisahkannya ke dalam postingan terkait berikut ini :

Baca : Contoh Soal UTS/PTS Kimia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya

Untuk postingan Contoh Soal Kimia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya ini, admin hanya membagikan latihan soal PAS kimia kelas 12 di bab ketiga saja. Mengenai rincian materinya admin akan menjelaskan sedikit juga di artikel berikut ini. Kamu juga bisa mempelajarinya juga.

Selamat Belajar...

Contoh Soal Kimia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya


Contoh Soal Kimia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya

UNSUR GOLONGAN UTAMA
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Unsur_golongan_utama


Tabel periodik unsur kimia. Kolom mewakili golongan. Golongan 1, 2 dan 13 sampai 18 adalah golongan utama. Kadang-kadang golongan 3 dan 12, serta lantanida dan aktinida (dua baris di bagian bawah), juga termasuk dalam golongan utama.

Dalam kimia dan fisika atom, golongan utama adalah golongan unsur yang anggota paling ringannya diwakili oleh helium, litium, berilium, boron, karbon, nitrogen, oksigen, fluor, dan neon seperti yang diatur dalam tabel periodik unsur kimia. Golongan utama mencakup unsur-unsur (kecuali hidrogen, yang kadang-kadang tidak termasuk) pada golongan 1 dan 2 (blok-s), dan golongan 13 sampai 18 (blok-p). Unsur blok-s terutama dicirikan oleh satu keadaan oksidasi utama, dan unsur blok-p, bila memiliki banyak keadaan oksidasi, seringkali memiliki keadaan oksidasi umum yang dipisahkan oleh dua satuan.

Unsur golongan 12 sering dianggap sebagai logam transisi; namun, seng (Zn), kadmium (Cd), dan raksa (Hg) berbagi beberapa sifat dari dua golongan, dan banyak ilmuwan percaya bahwa mereka harus disertakan dalam golongan utama.[1][2] Kadang-kadang, bahkan unsur-unsur golongan 3 serta lantanida dan aktinida juga disertakan, karena terutama unsur golongan 3 dan lantanida adalah unsur elektropositif dengan hanya satu keadaan oksidasi utama seperti unsur golongan 1 dan 2. Posisi aktinida lebih dipertanyakan, namun anggotanya yang paling umum dan stabil, torium (Th) dan uranium (U), serupa dengan unsur golongan utama karena torium adalah unsur elektropositif dengan hanya satu keadaan oksidasi utama (+4), dan uranium memiliki dua keadaan oksidasi utama yang dipisahkan oleh dua satuan oksidasi (+4 dan +6).[3]

Dalam tata nama yang lebih tua, unsur golongan utama adalah golongan IA dan IIA, dan golongan IIIB menjadi 0 (golongan CAS IIIA sampai VIIIA). Golongan 12 diberi label sebagai golongan IIB di kedua sistem. Golongan 3 diberi label sebagai golongan IIIA dalam tata nama yang lebih tua (golongan CAS IIIB).

Unsur golongan utama (dengan beberapa logam transisi yang lebih ringan) adalah unsur paling banyak di Bumi, di Tata Surya, dan di Alam Semesta. Terkadang mereka juga disebut unsur perwakilan.

Link Download soal Unsur - Unsur Golongan Utama untuk latihan Soal PAS Kimia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 [Unduh Disini]


Previous
Next Post »