Contoh Soal UTS/PTS Fisika Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya

Contoh Soal UTS/PTS Fisika Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya - Mata pelajaran fisika di dalamnya mempelajari tentang sains atau ilmu alam yang mempelajari materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya. Sering kali di padukan dengan mata pelajaran kimia yang juga diajarkan di tingkat SMA untuk jurusan IPA/MIPA. Untuk seluruh tingkatan sekolah SMA di kelas 10 pada mata pelajaran fisika menggunakan kurikulum 2013 sabagai acuan pembelajaran. Walau pun masih ada yang menggunakan KTSP, akan tetapi predentasinya lebih sedikit dibandingkan yang memakai K13.

Oleh karena itu, di mapel fisika ini admin akan fokus membagikan contoh soal UTS/PTS 1 fisika di kurikulum 2013.

Contoh soal PTS fisika yang blog Tiga Mata bagikan ini bisa kamu gunakan untuk latihan pembelajaran guna memperoleh nilai yang maksimal dalam UTS/PTS 1 fisika kelak. Jawabannya sudah admin berikan, jadi tinggal kerja keras adik - adik saja untuk mempelajarinya secara serius atau tidak. Sedangkan untuk betul tidaknya, jika ada yang kamu rasa tidak sesuai bisa ditanyakan ke guru terkait dan juga teman - temannya.

Terdapat 3 materi yang sekiranya dijadikan bahan ujian untuk PTS kelas 10 fisika, yaitu tentang :

  1. Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah
  2. Pengukuran kelas 10
  3. Vektor
Dikarenakan terbatasnya fitur blog yang agak sulit untuk mengatur tata letak rumus fisika terkait seperti di bab pengukuran dan juga vektor, maka dari itu admin membagikan adik - adik semuanya file pdfnya. Terima kasih, dan selamat belajar...

Contoh Soal UTS/PTS Fisika Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya


Contoh Soal UTS/PTS Fisika Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawabannya

#1. Soal Bab Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah
1. Jelaskan yang dimaksud hakikat fisika sebagai produk!
2. Jelaskan yang dimaksud hakikat fisika sebagai proses!
3. Jelaskan yang dimaksud hakikat fisika sebagai sikap!
4. Metode ilmiah adalah?
5. Sebutkan dan jelaskan syarat yang harus dipenuhi suatu pengetahuan agar bisa disebut sebagai ilmu dan dikatakan ilmiah?
6. Tuliskan alur/langkah - langkat dalam kegiatan ilmiah?
7. Sebutkan minimal 5 syarat laboratorium yang baik?
8. Apa saja tata tertib keselamatan kerja di laboratorium? Sebutkan minimal 10 aturan!!

Jawaban
1. Produk yang dimaksud dalam fisika adalah kumpulan pengetahuan yang dapat berupa fakta, konsep, prinsip, hukum, rumus, teori dan model.
2. Semua jenis produk dihasilkan setelah kita mempelajari gejala alam yang melibatkan materi,energy dan interaksinya melalui serangkaian proses. Proses tersebut meliputi langkah-langkah pengamatan, perumusan masalah, penyusunan hipotesis melalui eksperimen, analisis data, dan penarikan kesimpulan.
3. Setiap langkah dalam proses membutuhkan sikap ilmiah yang baik, antara lain rasa ingin tahu, rasa percaya, kreatif, teliti, objektif, jujur, terbuka, mau bekerja sama, dan mau mendengarkan pendapat orang lain.
4. Metode ilmiah adalah prosedur dalam mendapatkan pengetahuan yang disebut ilmu. Jadi, ilmu adalah pengetahuan yang didapatkan lewat metode ilmiah.
5. Objektif, metodik, sistematik, dan berlaku umum. Penjelasannya adalah :

  • Objektik, artinya pengetahuan sesuai dengan objeknya atau didukung fakta empiris.
  • Metodik, artinya pengetahuan itu diperoleh dengan menggunakan cara-cara tertentu yang teratur dan terkontrol.
  • Sistematik, pengetahuan itu disusun dalam suatu sistem yang satu sama lain saling berkaitan dan saling menjelaskan sehingga seluruhnya merupakan satu kesatuan yang utuh.
  • Berlaku umum, artinya pengetahuan itu tidak hanya diamati oleh seseorang atau beberapa orang saja, tetapi semua orang dengan cara eksperimen yang sama akan memeproleh hasil yang sama pula.
6. melakukan pengamatan dan observasi, merumuskan masalah, mengumpulan data atau informasi, membuat hipotesis, menganalisis data, menarik kesimpulan.
7. Syarat laboratorium sebagai berikut : 
  • Kelengkapan alat keselamatan, nomor telepon penting (pemadam kebakaran, petugas medis).
  • Ruangan laboratorium yang memiliki sistem ventilasi yang baik. Proses keluar masuk uData yang stabil, sirkulasi uData segar yang masuk dan keluar ruangan harus diperhatikan dengan baik. Semakin banyak sirkulasi uData, maka kondisi laboratorium juga akan sehat.
  • Ruangan laboratorium harus ditata dengan rapi, penempatan bahan kimia dan peralatan percobaan harus ditata dengan rapi supaya mudah untuk mencarinya. Bila perlu, berikan denah atau panduan penempatan bahan kimia di rak supaya semakin memudahkan untuk mencari bahan kimia tersebut.
  • Alat keselamatan kerja harus selalu tersedia dan dalam kondisi yang baik dan siap pakai.
  • Laboratorium harus memiliki jalur evakuasi yang baik. Laboratorium setidaknya memiliki 2 pintu keluar dengan jarak yang cukup jauh.
8. alat keselamatan kerja antara lain adalah :
  • Pemadam kebakaran
  • Eye washer
  • Water shower
  • Kotak P3K
  • Jas Lab
  • Peralatan Pembersih
  • Obat-obatan
  • Kapas
  • Plater pembalut
  • Aturan-Aturan Keselamatan Kerja
#2. Soal Bab Pengukuran Besaran dan Satuan
#3. Soal Bab Vektor

Previous
Next Post »