Inilah Jadwal Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun 2019

Berikut ini adalah jadwal UKK/Ujian Kompetensi Keahlian SMK tahun pelajaran 2018/2019 yang sudah disesuaikan dengan kalender pendidikan sekolah tahun ajaran tersebut. 

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu di bidang produktif (bengkel) sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. Baik itu di lingkupan program TKP, AKP, PSP. 

Jadwal Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun 2018/ 2019


UKK terdiri dari Ujian Praktik Kejuruan yang umumnya diselenggarakan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Teori Kejuruan yang merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional.

Ujian Praktik Kejuruan dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi dan perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi.

Akan tetapi, kapan jadwal tepatnya/jadwal untuk pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian tersebut?

Yapp, di artikel ini admin akan memberikan informasi yang berkaitan dengan hal tersebut.


Inilah Jadwal Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun 2019


Walau pun info resminya masih belum dikeluarkan dinas pendidikan terkait. Tapi sebenarnya informasi masalah jadwal Ujian Kompetensi Keahlian/Produktif sudah dibeberkan di awal - awal pergantian tahun ajaran baru 2018/2019 di tingkatan Sekolah Menengah Kejuruan lebit tepatnya pada Kelender Pendidikan.

Saya kutip langsung dari kalender pendidikan dinas provinsi, ada pasal yang mengarah langsung kepada topik tersebut yaitu sebagai berikut :



Jika admin cocokkan langsung ke kalender pendidikannya, maka untuk jadwal pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun Pelajaran 2018/2019 terfokus pada tanggal 11 - 16 Februari 2019

Apa saja yang akan diujikan min?

Kamu bisa tanya langsung kepada guru bengkel terkait, atau kepala departemen atau bahkan juga alumni. Sedangkan untuk info resminya masih belum rilis sampai sekarang.

Yang akan diujikan biasanya ditentukan dari kurikulum yang digunakan pada saat itu, dan juga materi bengkel terkait.

Sedangkan untuk tata cara pelaksanaan berdasarkan pengalaman admin sendiri yang juga dari lulusan SMK adalah sebagai berikut :
  1. Para siswa diberikan Soal Praktik Kejuruan (SPK) yang berupa lembar penugasan bagi peserta uji untuk membuat atau proses dan mengerjakan suatu produk/jasa.
  2. Untuk batasan waktunya ditentukan juga oleh masing - masing kepala bengkel terkait. Pernah ada beberapa program jurusan SMK yang melakukan UKK dan selesai sampai malam hari.
  3. Penilaiannya ditentukan oleh Lembar Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp) . PPsp berfungsi sebagai rubrik yang digunakan untuk pemberian skor setiap komponen penilaian. Lembar penilaian memuat komponen penilaian, sub-komponen penilaian, pencapaian kompetensi, dan kriteria penilaian.

Previous
Next Post »