Kemenag Tetapkan Formasi 17.165 CPNS Tahun 2018, 3 Hal ini jadi Pemusatan !!!

Formasi CPNS Kemenag 2018,-  Dilansir dari halaman resmi Kemenag pada kamis, 13 september 2018. Dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri SIpil pada tahun 2018 ini, menurut Nurkholis Kemenag akan menerima 17.175 CPNS. Jumlah formasi ini ditetapkan sebagai jumlah terbesar diantara 76 Kementerian/Lembaga di Indonesia yang melaksanakan rekrutmen CPNS Tahun 2018. 

“Jumlah ini sesuai dengan Keputusan Menpan RB Nomor 49 tahun 2018 perihal formasi pegawai kementerian agama tahun anggaran 2018,” kata Nurkholis.

Alokasi formasi CPNS Kementerian Agama tahun 2018 dirincikan menjadi 7 buah jenis kepegawaian kementerian agama dengan jumlah total keseluruhan sebanyak 17.175. Berikut ini rinciannya :
  1. Formasi/Jabatan Guru CPNS Kemenag 2018 sebanyak 10.520
  2. Guru EKS. Tenaga Honorer K.II 1.480
  3. Dosen 4.485
  4. Penghulu 132
  5. Penyuluh 60
  6. jabatan Fungsional Tertentu (JFT) 453
  7. Jabatan Fungsional Umum (JFU) 45

Kemenag Tetapkan Formasi 17.165 CPNS Tahun 2018, 3 Hal ini jadi Pemusatan !!!
http://kemenag.go.id

Untuk mendapatkan kandidat terbaik, maka Nurkholis berharap proses seleksi harus memperhatikan objektivitas, transparansi, serta akuntabilitas. Proses seleksi yang akan dilakukan menurutnya akan dimulai dari seleksi berkas administrasi, ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) Mandiri Lisensi BKN , hingga ujian seleksi bidang (SKB) menggunakan tes teknis lainnya seperti wawancara, tes teknis kerja dan tes psikotes.

Baca Juga : 
  1. Kisi - Kisi Tes Kemampuan/Kompetensi Bidang (TKB) CPNS Kemdikbud
  2. Download Software CAT BKN CPNS untuk Android dan Komputer (Simulasi Latihan)
  3. Mau Tes CPNS? Inilah Kumpulan Soal CPNS Terbaru (TIU TWK TKP)
  4. Aplikasi Simulai CAT CPNS (Offline + Online)
  5. Contoh Soal TKD CPNS Lengkap Beserta Kunci Jawaban

3 Hal yang Dijadikan Pemusatan untuk Penerimaan CPNS Formasi Kemenag Tahun 2018


3 Hal yang Dijadikan Pemusatan untuk Penerimaan CPNS Formasi Kemenag Tahun 2018


#1. Kompetensi Profesional

Pertama, Menag menginginkan CPNS yang direkrut memiliki kompetensi profesional yang dibutuhkan oleh satuan kerja. Lebih lagi menurut Menag, formasi yang dibuka  paling banyak diperuntukkan bagi guru dan dosen. Maka, kompetensi profesional menurut Menag bukan hal yang bisa ditawar. “Cermati betul, bahwa yang terpilih nanti adalah yang memiliki kompetensi tinggi sesuai dengan pos dan bidangnya,” ujar Menag.

#2. Komitmen Keagamaan

Hal kedua yang harus dimiliki CPNS Kemenag adalah komitmen keagamaan. “Komitmen keagamaan juga menjad cermatan. Yang saya maksud dengan komitmen keagamaan adalah mereka yang diterima nanti tidak lagi punya masalah dengan persoalan keagamaan,” tutur Menag.

Menag menginginkan, CPNS Kemenag yang direkrut apapun agamanya memiliki pemahaman keagamaan yang moderat. “Mereka harus paham dan memiliki pengamalan keagamaan yang baik. Mereka yang moderat, yang dapat menjadi role model bagi masyarakat luas,” tandas Menag.

#3. Komitmen Kebangsaan

Komitmen kebangsaan, menjadi hal ketiga yang harus dimiliki oleh CPNS Kemenag. “CPNS Kemenag harus punya pemahaman memadai, syukur-syukur pemahaman yang baik, tentang apa itu Pancasila, apa  itu konstitusi kita, NKRI kita, Bhineka Tunggal Ika, dan sebagainya,” tegas Lukman.

 "Saya berharap seluruh proses seleksi tersebut, berjalan sesuai aturan dan ketentuan," tandas Nurkholis. 


Previous
Next Post »