Naskah Lengkap Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Plus MP3, Video, dan Partitur

Naskah Lengkap Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Plus MP3 dan Video - Kebanyakan dari masyarakat Indonesia dan juga tidak luput dari saya sendiri hanya mengetahui dan juga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya di sebagian lirik dari keseluruhan aslinya. Suer, saya juga baru tahu selaku admin ini sendiri.

Hal itu juga didasari dari sedikit info yang beredar di mbah google mengenai Peraturan Wajib untuk Seluruh Pelajar untuk Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 (tiga) Stanza. Jadi kesimpulannya dari permasalahan admin diatas adalah hampir seluruh pelajar SD, SMP, SMA sederajat alumni bahkan sebagian warga negara Indonesia hanya mengetahui lagu kebangsaan Indonesia raya di 1 bagian/bait/stanza saja.

Entah itu dikarenakan kurangnya sosialisasi tentang lagu kebangsaan ini atau gimana admin juga belum mengetahui info lengkapnya. Karena admin sendiri juga belum mengetahuinya (stanza 2 dan 3).


Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza


Dikutip dari liputan6.com bahwa "Tahun ini, tahun ajaran baru kita sudah pakai, sekitar Juli lah," ujar Hilmar di Gedung Ditjen Kebudayaan Jakarta, Kamis (1/6/2017).

Oleh karena itu bagi anda yang menjadi seorang pendidik, atau sebagai pelajar harus secara berkala menghafalkan untuk stanza/bait ke 2 dan 3. Yang pertama pastinya sudah tau donkkk. 

Tidak lepas dari makna yang terkandung dari lagu kebangsaan Negara Indonesia tercinta ini sendiri. Tumpah, darah, perjuangan, keringat dikorbankan. Sudah seharusnya sebagai warga negara yang baik kita harus menghafalkan serta menghayati makna dari lirik lagu Indonesia raya ini.

Yapp, itu saja penjelasan singkat serta sikap nasionalisme admin sendiri yang dibagikan secara minim. Berikut ini Naskah Lengkap Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza (bait) Plus MP3 dan Video silahkan dihafalkan. Harus hafal guys...

Naskah Lengkap Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza



Download Naskah Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza [Unduh Disini]


**Bait / Stanza  I**

Indonesia tanah airku,
Tanah tumpah darahku,
Di sanalah aku berdiri,
Jadi pandu ibuku.

Indonesia kebangsaanku,
Bangsa dan tanah airku,
Marilah kita berseru,
Indonesia bersatu.

Hiduplah tanahku,
Hiduplah negriku,
Bangsaku, Rakyatku, semuanya,
Bangunlah jiwanya,
Bangunlah badannya,
Untuk Indonesia Raya.

**Refrein**

Indonesia Raya,
Merdeka, merdeka,
Tanahku, neg'riku yang kucinta!
Indonesia Raya,
Merdeka, merdeka,
Hiduplah Indonesia Raya.

**Bait / Stanza II**

Indonesia, tanah yang mulia,
Tanah kita yang kaya,
Di sanalah aku berdiri,
Untuk s’lama-lamanya.

Indonesia, tanah pusaka,
P’saka kita semuanya,
Marilah kita mendoa,
Indonesia bahagia.

Suburlah tanahnya,
Suburlah jiwanya,
Bangsanya, rakyatnya, semuanya,
Sadarlah hatinya,
Sadarlah budinya,
Untuk Indonesia Raya.

**Refrein**

Indonesia Raya,
Merdeka, merdeka,
Tanahku, negriku yang kucinta!
Indonesia Raya,
Merdeka, merdeka,
Hiduplah Indonesia Raya.

Bait / Stanza III

Indonesia, tanah yang suci,
Tanah kita yang sakti,
Di sanalah aku berdiri,
M’njaga ibu sejati.

Indonesia, tanah berseri,
Tanah yang aku sayangi,
Marilah kita berjanji,
Indonesia abadi.

Slamatlah rakyatnya,
Slamatlah putranya,
Pulaunya, lautnya, semuanya,
Majulah Negrinya,
Majulah pandunya,
Untuk Indonesia Raya.

**Refrein**

Indonesia Raya,
Merdeka, merdeka,
Tanahku, negriku yang kucinta!
Indonesia Raya,
Merdeka, merdeka,
Hiduplah Indonesia Raya.

Lagu Indonesia Raya 3 Stanza MP3




Seluruh mp3, instrumen, partitur, not, semuanya bahkan sejarah dari lagu Kebangsaan Indonesia Raya sudah terangkum di website resmi  https://laguindonesiaraya.id. Website tersebut di buat guna mempermudah para warga negara Indonesia dalam mempelajarinya. 

Selain itu, mungkin dikarenakan kurangnya sosialisasi atau pun berita lengkap mengenai salah satu website resmi Indonesia Raya tersebut, hasilnya masih tetap tertimbun dan minim yang mengetahuinya. Saya pun juga baru tau website https://laguindonesiaraya.id masih baru - baru ini.


Unisono 1 Stanza mp3wav
Unisono 3 Stanza mp3wav
Piano & Paduan Suara 1 Stanza mp3wav
Piano & Paduan Suara 3 Stanza mp3wav
Piano 1 Stanza mp3wav
Piano 3 Stanza mp3wav
Simphoni & Vokal 1 Stanza mp3wav
Simphoni & Vokal 3 Stanza mp3wav
Simphoni 1 Stanza mp3wav
Simphoni 3 Stanza mp3wav
Fanfare mp3wav
Harmoni mp3wav

Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Video



Sejarah singkat-, Ketika mempublikasikan Indonesia Raya tahun 1928, Wage Rudolf Soepratman dengan jelas menuliskan "lagu kebangsaan" di bawah judul Indonesia Raya. Teks lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali oleh suratkabar Sin Po, sedangkan rekaman pertamanya dimiliki oleh seorang pengusaha bernama Yo Kim Tjan.



Setelah dikumandangkan tahun 1928 dihadapan para peserta Kongres Pemuda II dengan biola, pemerintah kolonial Hindia Belanda segera melarang penyebutan lagu kebangsaan bagi Indonesia Raya. Meskipun demikian, para pemuda tidak gentar. Mereka menyanyikan lagu itu dengan mengucapkan "Mulia, Mulia!" (bukan "Merdeka, Merdeka!") pada refrein. 

Akan tetapi, tetap saja mereka menganggap lagu itu sebagai lagu kebangsaan. Selanjutnya lagu Indonesia Raya selalu dinyanyikan pada setiap rapat partai-partai politik. 

Setelah Indonesia merdeka, lagu itu ditetapkan sebagai lagu Kebangsaan perlambang persatuan bangsa. MERDEKA...MERDEKA...MERDEKA....

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=5WNg9OOTisY

Previous
Next Post »