Skip to main content

9 Keuntungan Penggunaan Sistem UNBK untuk Para Siswa dan Guru

9 Keuntungan Penggunaan Sistem UNBK untuk Para Siswa dan Guru
9 Keuntungan Penggunaan Sistem UNBK untuk Para Siswa dan Guru.  Apa untungnya sistem UNBK? Mengapa harus UNBK ketimbang UNKP? UNBK adalah sistem Ujian Nasional yang mulai diperkenalkan di indonesia pada tahun 2015 dengan jumlah total sekolah awal hanya sebanyak 556. Pada masanya tersebut UNBK hanya dijadikan praktik pengenalan sistem baru Ujian nasional, maka dari itu jumlahnya masih sedikit dan terlalu banyak permasalahan yang diterima.

Sedangkan pada tahun 2018 kemarin penggunaan sistem UNBK sudah mulai memasuki presentase yang hampir keseluruhan sekolah menggunakan sistem ini.

Permasalahan yang pernah dihadapi pada tahun - tahun awal pengujian tersebut sudah tidak dirasakan lagi bagi sekolah dan para staff panitia UNBK.

Peningkatan pesat ini juga didasari oleh keuntungan dari penggunaan sistem UNBK ini yang diterima oleh berbagai pihak, baik itu dari kalangan guru siswa begitu pun juga pemerintah.

Apa saja sih keuntungannya? Simak ulasannya berikut ini... 


9 Keuntungan Penggunaan Sistem UNBK untuk Para Siswa dan Guru

Keuntungan Sistem UNBK untuk Para Siswa


1.   Proses Pengerjaan Tergolong Cepat dan Tidak Ribet

Pada sistem Ujian Nasional yang berbasis kertas banyak dari siswa mengeluhkan waktu penulisan lembar penilaian jawaban yang tergolong menguras waktu. Sedangkan ketersediaan waktu yang diberikan sangatlah terbatas.

Sedangkan pada UNBK siswa hanya perlu memasukkan username, password, dan token yang diberikan pihak pengawas.

2. Meminimalisir Kesalahan

Salah satu yang membuat para siswa serta saya sendiri pun merasa cemas adalah jika mendapati kesalahan pada penulisan LJK, seperti penulisan nama, mata pelajaran, dan pengisian kolom - kolom penting lainnya. Jumlah ketersediaan LJK juga terbatas.

Hal ini menjadikan penggunaan sistem UNBK memudahkan para siswa dalam hal mental dan pengerjaan, tanpa perlu kepikiran akan hal seperti ini. 

3. Menghemat Kertas

Bahan baku kertas adalah pohon. Tahu kan apa yang terjadi jika kebanyakan pohon ditebang hanya untuk lembar soal dan jawaban dalam Ujian Nasional. Yang dimana keseluruhan siswa UN berjumlah lebih dari jutaan. 

4. Fitur Canggih UNBK

Dan fitur itu adalah "RAGU - RAGU". Kebayang kan betapa kepikirannya siswa jika dinilai ada beberapa jawaban yang belum terisi akan tetapi lembar soal sudah dikumpulkan (permasalah UNKP). Yapp, hal ini pernah saya alami wkwkwk.

Penggunaan fasilitas RAGU - RAGU pada UNBK ini menjadi poin positif bagi siswa. Sistem akan memberikan tanda untuk soal yang diberikan fitur tersebut. Seingat saya tandanya berwarna kuning.

Untuk menggunakannya, para siswa tinggal memencet tombol daftar soal lalu di bagian tersebut ada fasilitas ragu - ragu dan keseluruhan nomor soal.

5. Hasil UNBK dinilai 100% tepat

Pada UNKP, para siswa disuruh menghitamkan jawaban di LJK dengan menggunakan pensil 2B. Walau pun hari - hari sebelumnya sudah diberikan latihan cara menghitamkan jawaban yang baik dan benar, bukankah para guru juga pernah mengingatkan agar caranya harus tepat dan jangan sampai salah. Jika salah maka jawabanmu tidak akan terdeteksi alias nol/tidak terjawab atau salah.

Semangat tidak grogi iya, mental pun turun, otak tegang, dan pengerjaan menjadi bermasalah karena fokus hal remeh seperti itu bukannya pada soal.

Kalau UNBK gan?

Tinggal klik - klik, selesai wkwkwk. Jangan di contoh, yang saya maksud tinggal klik itu adalah siswa tidak perlu memikirkan masalah kesalahan koreksi dan sebagainya, yang perlu siswa lakukan adalah fokus pada soal yang disediakan di layar monitor saja.

6. Tidak Bisa Mencontek

Jujur, yang ini admin juga bingung mau di taruh di poin keuntungan atau kerugian UNBK bagi siswa. Pasalnya hal ini sudah menjadi tradisi yang memungkinkan siswa memberikan pendapat yang berbeda, dengan sudut pandang berbeda pula. Jujur ane bingung.

Prestasi YES, jujur Utama. 

Yapp, inilah yang menjadi semboyan admin kali ini. Membangun karakter kejujuran untuk para siswa sangatlah penting bagi kehidupan siswa tersebut. Pasalnya, kejujuran merupakan pondasi penting bagi seseorang dalam meraih kesuksesan. 

Sedangkan bagi pendidikan di suatu negara, penanaman sifat tersebut bagi para siswa dari dia kecil sampai memasuki tingkatan usia dewasa menjadikan pendidikan di suatu negara akan maju.

Ingin kan menjadikan negara kita maju, jadi jangan mencotek dan raihlah hasilmu sendiri.

Keuntungan Sistem UNBK bagi Guru


1. Menambah pengetahuan guru soal IT

Perkembangan zaman menjadi faktor utama untuk keseluruhan guru dalam meningkatkan kompetensi belajar mengajar siswa. Guru harus dituntut selalu mengikuti perkembangan zaman guna menciptakan generasi penerus bangsa yang terampil di bidangnya.

UNBK pun menjadi salah satu cara yang bisa para guru gunakan. Walau pun sudah ada bagian - bagian pelaksana pengerjaan sistem UNBK di sekolah, seperti teknisi dan proktor. Guru masih harus harus ikut andil di dalamnya agar bisa mengikuti sistem Ujian Nasional yang direncanakan tahun depan (2019) penggunaan keseluruhannya akan merata di Indonesia.

2. Pengolahan Hasil lebih teliti dan Memakan Waktu Sedikit

Dikarenakan sudah menggunakan aplikasi yang disediakan pemerintah, yang harus para guru lakukan hanyalah pengaturan tentang hasil UNBK tersebut. tanpa perlu merekapnya seperti pada UNKP.

Selain itu, Guru juga tidak perlu kawatir akan data yang disetorkan bermasalah, karena sistem UNBK yang tergolong aman karena berbasis semi online dalam penyetoran hasilnya.

3. Pengawasan Tertata Rapi

Hal ini disebabkan karena sebelum pelaksanaan hari H para siswa sudah diberikan beberapa waktu untuk melakukan simulasi latihan UNBK sebanyak 2-3 kali.

Jadi saat pelaksanaan Ujian Nasional para guru yang menjadi pengawas hanya mengulang apa saja yang sudah disampaikannya pada tahap sebelumnya. Tanpa perlu kawatir ada siswa yang dirasa bermasalah dalam penggunaan UNBK tersebut. Baik dalam pengerjaan maupun pengoperasian komputer.

Untung kan menggunakan sistem ini, admin sendiri juga merasakannya hehe. Walau pun jujur saja dulu admin masih beruntung karena UNBK masih belum menggunakan naskah soal yang 10%nya HOTS.

Apa itu HOTS? Simak di artikel berikut ini...


Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar