Contoh Kartu Peserta dan Panitia MPLS Sekolah (Docx + PSD)

Contoh Kartu Peserta dan Panitia MPLS Sekolah (Doc + PSD) ini bisa kamu gunakan untuk mensukseskan MPLS di tingkatan sekolah SD/SMP/atau pun SMA/SMK.

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) merupakan kegiatan rutinan sekolah yang setiap tahunnya pasti diadakan. Dengan tujuan sebagai berikut :
  1. mengenali potensi diri siswa baru;
  2. membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  3. menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
  4. mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya;
  5. menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.
Berbicara tentang kegiatan MPLS, pasti banyak dari masyarakat yang mengkaitkannya dengan MOS (Masa Orientasi Siswa).

Yapp, 2 istilah tersebut memang saling berkaitan.

MOS adalah istilah lama, sedangkan MPLS adalah istilah baru. Tujuannya sebanarnya sama, yaitu tentang pengenalan lingkungan sekolah

MPLS adalah pengganti dari kegiatan MOS yang dulu sering dianggap meresahkan siswa, bahkan banyak kasus yang terjadi pada kegiatan MOS tersebut seperti perploncoan, dll. 

Akan tetapi lain halnya dengan yang sekarang, MPLS diselenggarakan dengan ketat dan juga hal itu ditegaskan dalam permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru. 

Rincian kegiatan MPLS pengganti MOS yang baru ini adalah sebagai berikut:
  1. Guru menjadi penyelenggara
  2. kegiatan bersifat edukatif
  3. siswa baru memakai seragam dan atribut resmi dari sekolah
  4. kegiatan hanya diadakan di lingkungan sekolah, ketika jam pelajaran, serta dalam 3 hari di minggu pertama awal tahun ajaran baru
  5. sekolah menugaskan minimal 2 orang guru untuk mendampingi kegiatan pengenalan anggota baru ekstrakurikuler

Contoh Kartu Peserta dan Panitia MPLS Sekolah (Doc + PSD)


Contoh Kartu Peserta dan Panitia MPLS Sekolah (Docx + PSD)

Kartu peserta dan panitia ini bisa juga disebut sebagai bahan tambahan dari atribut pendukung kegiatan MPLS. Sifatnya yaitu sebagai tanda pengenal bagi siswa dan panitia dalam melakukan tugasnya dngan baik dan lancar.

Admin menyediakan 2 opsi format dokumen untuk kamu, yaitu Contoh Kartu Peserta dan Panitia MPLS Sekolah dalam format Microsoft Word (Docx) dan Contoh Kartu Peserta dan Panitia MPLS Sekolah dalam format Photoshop (PSD).

Selain itu, admin juga menyediakan tutorial cara mengedit/merubah/membuat bagian - bagian penting dari Kartu Peserta dan Panitia MPLS Sekolah tersebut. 

Seperti apa tampilannya min?

Tampilan dari kartu peserta dan panitia MPLS yang admin bagikan tentunya simpel, keren, elegan, dan tentu saja tidak norak. Wkwkwkw

#1. Contoh Kartu Peserta MPLS (Docx)

Contoh Kartu Peserta MPLS Sekolah (Docx)

Logo Tut Wuri Handayani adalah Logo Pendidikan nasional Indonesia. Dikarenakan makna dari logo/lambang tersebut sudah meluas, jadi kartu peserta yang admin bagikan ini bersifat umum untuk seluruh tingkatan sekolah. Baik itu SD/SMP/SMA/SMK sederajat lainnya.

Maksudnya, kamu cuma harus mengganti poin - poin pentingnya saja saja, tanpa perlu merubah atribut logo dan sebagainya.


**Contoh Kartu Peserta MPLS Sekolah Docx [Unduh Disini]


#2. Contoh Kartu/ID CARD PANITIA MPLS (Docx + JPeg + PSD)



Contoh Kartu/ID CARD PANITIA MPLS (Docx + JPeg + PSD)


Admin menyediakan opsi file photoshop untuk yang sudah bisa menggunakannya. Akan tetapi buat yang belum mahir, kamu masih bisa menggunakan microsoft word.

File PSD digunakan untuk penggantian nama PANITIA menjadi PENGAWAS/KAKAK KELAS/PEMBINA/dll.

File microsoft word digunakan untuk menuliskan nama panitia di kotak tersebut lewat kolom yang admin sediakan di dokumen microsoft word.

Sebenarnya admin juga sudah menyediakan 2 ruang kosong di sisi kanan dan kiri logo MPLS di atas. Kamu bisa menempatkan logo sekolah, logo kabupaten/kota, dll di bagian tersebut.

Kamu bisa menempatkan logo tambahan pada ID CARD tersebut di microsoft word dengan fitur Wrap Text >>> Behind Text

*Contoh Kartu Panitia MPLS Sekolah Docx [Unduh Disini]
**Contoh Kartu Panitia MPLS Sekolah PSD [Unduh Disini]
***Contoh Kartu Panitia MPLS Sekolah Jpeg [Unduh Disini]

Previous
Next Post »