Soal USBN SMK 2018 Pdf Naskah Asli (+Jawaban)

Soal USBN SMK 2018 Pdf Naskah Asli (+Jawaban). Naskah soal asli USBN SMK 2018 ini terdiri dari  keseluruhan mata pelajaran dan jurusan yaitu TKP, AKP, dan PSP. Kamu bisa menggunakan naskah asli ini untuk bahan latihan soal untuk pembelajaran USBN SMK tahun selanjutnya.

Walau pun tidak sepenuhnya sama, karena naskah asli dari satuan pendidikan daerah satu dengan yang lain berbeda. Akan tetapi bisa dijadikan gambaran tentang seperti apa soal USBN tahun 2019 nanti. Menimbang acuan yang digunakan adalah kisi - kisi USBN SMK resmi yang dibagikan pihak BSNP

Soal HOTS pada model soal 2018 di naskah asli ini pun juga merupakan soal - soal penting. Karena masih minimnya latihan soal HOTS yang dibagikan internet dan juga buku - buku pelajaran.

Soal USBN SMK 2018 Pdf Naskah Asli (+Jawaban)

Ujian Sekolah Berstandar Nasional diselenggarakan guna memperoleh hasil dari kompetensi setiap siswa dalam setiap mata pelajaran terkait. 

Pada USBN SMK tahun 2018 kemarin banyak dari kalangan mengatakan bahwa struktur soal yang tersedia lebih sulit dibandingkan tahun - tahun sebelumnya. Walau pun kisi - kisi USBN sudah dibagikan pada tahap sebelum hari pelaksanaan, akan tetapi masih dirasakan terasa sulit bagi para siswa.

Seperti pada pernyataan di atas. Penyebabnya adalah penamabahan model soal HOTS. Penerapan soal model HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Ujian Nasional (UN/UNBK/USBN) SMK yang menjadikan naskah soal tahun kemarin lebih sulit daripada biasanya.

Dilansir dari website resmi BSNP Indonesia, mengatakan bahwa 
Kebijakan penerapan soal model HOTS dimaksudkan untuk melatih anak-anak berpikir kritis, kreatif, dan analitis, namun ada prinsip-prinsip HOTS yang belum sepenuhnya diterapkan dalam menyusun soal ujian.


Lebih susah ya!!! WKwkwk Untung ane sudah lulus :v

Yapp, tapi jangan kawatir!! Karena blog tigamata akan membagikan soal - soal yang sekiranya akan bermanfaat untuk USBN SMK kalian kelak nanti. Yang penting belajar, berjuang, dan tetap berdoa (bertaqwa). 

*Belajar di lingkungan sekolah untuk hal materi. Di lingkungan rumah untuk pemantapan materi USBN
*Berjuang dengan cara mencari referensi dan soal - soal terkait untuk lebih menambah wawasan dalam hal soal USBN. Semakin banyak mengerjakan tipe soal yang berbeda, maka akan semakin mudah kamu dalam mengerjakan bermacam -  macam tipe soal pada saat pelaksanaan ujian
*Berdoa & Bertaqwa dikhususkan untuk semua agama, karena Indonesia memiliki beragam agama dan kepercayaan. Jadi admin tidak mengkhususkan.

USBN SMK


SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) terdiri dari 100 lebih jurusan di Indonesia. Informasi ini saya ketahui dari kisi - kisi Ujian Teori Kejuruan yang dibagikan pihak 
psmk.kemdikbud.go.id. 

Keseluruhan jurusan tersebut pada saat Ujian Nasional dibagi ke dalam 3 wilayah jurusan yaitu TKP (Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian), AKP (Akunstansi dan Pemasaran), dan PSP (Pariwisata, Seni dan Kerajinan, Teknologi Kerumahtanggaan, Pekerjaan Sosial, dan Administrasi Perkantoran). 

Bukan keseluruhan jurusan yang akan admin bagikan mulai dari TKJ, TKR, dll. Akan tetapi keseluruhan mata pelajaran USBN menurut POS USBN dari 3 kategori jurusan SMK di Indonesia.



Soal USBN SMK 2018 Pdf Naskah Asli (+Jawaban)


Berikut ini tampilan spoilernya


Naskah soal USBN SMK 2018


Yapp, dari tampilan tersebut pastinya kamu sudah mengetahuinya. Berbeda dengan Ujian Nasional, pada USBN (SMK) naskah soal tidak seluruhnya dibuat oleh pusat dengan KOP soal nasional. Melainkan dibuat oleh masing - masing dinas pendidikan terkait pada daerah masing - masing, pihak pusat hanya menyediakan 25% saja.

Naskah soal USBN SMK 2018 ini merupakan milik pemerintah provinsi Jawa Tengah, lebih tepatnya Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Semarang.

Untuk proses pemahaman dan pendalaman materi tentang apa saja yang akan dikeluarkan pemerintah pada tahun ini, naskah asli soal USBN SMK 2018 pdf dan kunci jawaban ini bisa kamu jadikan sebagai bahan prediksi dan latihan USBN SMK 2019 guna memperoleh hasil yang semaksimal mungkin.

Kog bisa min???

Setiap dinas pendidikan wilayah terkait membuat naskah soal USBN SMK menggunakan acuan Kisi - kisi USBN yang dibagikan pemerintah. Jadi tipe soal utamanya sudah sesuai dengan keseluruhan soal USBN secara nasional.

Okelah, sudah cukup basa - basinya. Nih admin berikan link downloadnya sesuai dengan mata pelajaran USBN SMK yang akan diujikan pada tahun lalu.

*Naskah Asli Soal USBN SMK Mapel Bahasa Indonesia dan Jawaban 2019 Pdf 
  1. Soal Paket 1 [Unduh Disini]
  2. Soal Paket 2 [Unduh Disini]
*Naskah Soal USBN SMK Mapel Matematika dan Jawaban 2019 Pdf
  1. Soal Paket 1 [Unduh Disini]
  2. Soal Paket 2 [Unduh Disini]
*Naskah Asli Soal USBN SMK Mapel Bahasa Inggris 2019 dan Jawaban Pdf [Unduh Disini]
*Naskah Asli Soal USBN SMK Mapel Bahasa Jawa 2019 dan Jawaban Pdf [Unduh Disini]
*Naskah Asli Soal USBN SMK Mapel Fisika 2019 dan Jawaban Pdf [Unduh Disini]
*Naskah Asli Soal USBN SMK Mapel Kewirausahaan 2019 dan Jawaban Pdf [Unduh Disini]
*Naskah Asli Soal USBN SMK Mapel Pendidikan Agama Islam 2019  dan Jawaban Pdf [Unduh Disini]
*Naskah Asli Soal USBN SMK Mapel Penjasorkes 2019 dan Jawaban Pdf [Unduh Disini]
*Naskah Asli Soal USBN SMK Mapel PPKn 2019 dan Jawaban Pdf [Unduh Disini]
*Naskah Asli Soal USBN SMK Mapel Sejarah 2019 dan Jawaban Pdf [Unduh Disini]
*Naskah Asli Soal USBN SMK Mapel Seni Budaya 2019 dan Jawaban Pdf [Unduh Disini]

BONUS
*Simulasi Digital [Unduh Disini]
*Sistem Komputer [Unduh Disini]
*Teknik Komputer dan Jaringan [Unduh Disini]
*Pemrogaman Dasar [Unduh Disini]

Pasti adik - adik para siswa, para guru sudah menyadari. Setelah mendownload dan membuka file soal tersebut bisa mengetahui bahwa naskah soal tersebut diintegrasikan sesuai dengan kurikulum 2013 dan mata pelajarannya pun sama dengan yang tertulis pada POS USBN tahun 2018.


Link download Kisi - kisi USBN SMK : http://bsnp-indonesia.org/2018/01/25/kisi-kisi-ujian-sekolah-berstandar-nasional-tahun-pelajaran-20172018/

Walau pun begitu, naska soal tersebut masih bisa para kalangan siswa jadikan latihan soal menghadapi USBN tahun selanjutnya. 

^^ Semoga Bermanfaat

Previous
Next Post »