Skip to main content

Mengenal Komputer Server UNBK!! Pengertian dan Spesifikasi

Mengenal Komputer Server UNBK!! Pengertian dan Spesifikasi
Apa itu komputer server UNBK? Seperti apa komputer Server UNBK? Berapa harga komputer server UNBK? Spesifikasi resmi seperti apa yang harus dipenuhi agar bisa menjadi komputer server untuk pelaksanaan UNBK?  

Komputer server adalah komputer pusat yang menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh komputer client. Layanan yang disediakan bisa berupa berbagai hal, sebagai contoh seperti layanan akses internet yang sering dipakai oleh pengguna Internet di Client Warnet.

Sedangkan untuk UNBK, komputer server mempunyai prinsip yang sama tapi dengan tugas terperinci yang berbeda. Komputer server UNBK admin bahas dengan lebih rinci blog ini karena masih berkaitan dengan sistem penyelenggaraan UNBK yang saat ini digunakan .

Mengenal Komputer Server UNBK!! Pengertian dan Spesifikasi


Penyelenggaraan UNBK yang dipakai saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Sumber : unbk.kemdikbud.go.id

Dari sistem penyelenggaraan tersebut sudah diketahui bahwa peran dari komputer server UNBK terutama pada setiap sekolah sangatlah besar.

Mengenal Komputer Server UNBK!! Pengertian dan Spesifikasi

Apa itu Komputer Server UNBK?

Komputer server UNBK adalah peralatan utama yang menghandle keseluruhan kinerja dari pelaksanaan UNBK mulai dari awal (sebelum pelaksanaan ujian) sampai akhir (penyetoran hasil ujian)

Dengan tugas UTAMA Sebagai Alat Sinkronisasi dari server pusat ke server lokal,

Sinkronisasi dilakukan agar server lokal mempunyai akses bersama yang dimiliki pihak server pusat. Akses yang tersedia berupa naskah soal, token ujian, password ujian, data peserta UNBK, dan lainnya.

Komputer server yang bermasalah akan mengakibatkan kendala teknis UNBK seperti penundaan jadwal. Jika hal ini terjadi, mau tidak mau para peserta didik juga diharuskan bersabar dan mau mengerti.

Dari tugas utama tersebut, komputer server mempunyai peran tambahan sebagai berikut :

Pengelola Komputer Client Peserta Ujian

Komputer server menampung naskah soal asli UNBK. Setelah tiba saatnya pelaksanaan ujian, maka komputer server akan berfungsi sebagai penyedia token UNBK, menampung hasil ujian para siswa dan meyerahkannya untuk diperiksa pihak proktor utama.

Prinsipnya seperti warnet, 1 komputer server dan lainnya komputer client. Anak warnet pasti taulah, wkwkwk

Spesifikasi Komputer Server


Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sudah memberikan detail mengenai persyaratan berupa spesifikasi dari komputer server yang digunakan untuk pelaksanaan UNBK. Rinciannya sebagai berikut :
  • PC/Tower/Desktop (bukan laptop)
  • Processor 4 core dan clock rate minimal 1.6 GHz (64 bit)
  • RAM 8 GB, DDR 3
  • Harddisk 250 GB
  • Operating System (64 bit): Windows Server/Windows 8/Windows 7 /Linux Ubuntu 14.04
  • LAN CARD (NIC) 2 unit support GigaByte
  • UPS (tahan 15 menit)
  • Jumlah server mengikuti rasio 1:40 (1 server maksimal untuk 40 client)
  • Cadangan 1 server.

Harga Komputer Server


Harganya berapa sih min? Yapp, lihat tampilan ini dan kalian akan mengetahuinya...

Harga komputer server unbk
Harga komputer server unbk

Dari spesifikasi komputer server UNBK diatas, wajar saja jika harga yang tertera sangat mahal. Hal ini memang standar dari komputer server di mana - mana.

Sudah tau kan, apa itu komputer server UNBK? ^^ Semoga bermanfaat dan lebih mengenal lebih detail lagi tentang UNBK.
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar