Skip to main content

Dari 556 - 98.000 Sekolah, Cek Perkembangan UNBK dari Awal Sampai Tahun 2019

Dari 556 - 98.000 Sekolah, Cek Perkembangan UNBK dari Awal Sampai Tahun 2019
Berapa sekolah yang menggunakan UNBK tahun ini? tahun 2019 berapa jumlah sekolah yang menggunakan UNBK? Bagaimana perkembangan UNBK sampai sekarang? 

Perkembangan yang signifikan pada penyelenggaraan UNBK di setiap sekolah di Indonesia menjadi kabar baik untuk para siswa dan guru.

Menimbang dari kendala teknis UNBK yang umum terjadi, masih banyak keuntungan yang  bisa didapatkan berbagai pihak khususnya guru dan siswa dari pelaksanaan UNBK ini. 


Sebagaimana diketahui, UNBK adalah sistem Ujian Nasional yang menggunakan Komputer/laptop sebagai media ujiannya.


Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).


Penyelenggaran UNBK dapat terlaksana dengan baik karena sudah mempunyai para Sumber Daya Manusia yang sudah handal di bidangnya, seperti Proktor, Teknisi UNBK, dan Pengawas.

perkembangan UNBK dari awal sampai tahun 2019

Yapp, dengan keseluruhan keuntungan, kemudahan penyelenggaraan UNBK, serta para Sumber Daya Manusia yang sudah terlatih pada saat hari Ujian Nasional. Wajar saja jika terjadi peningkatan yang signifikan pada Perkembangan UNBK di Negara Indonesia ini.

Selanjutnya, bagaimana sih rincian perkembangan dari UNBK ini? Simak sejarah UNBK di bawah ini...

UNBK Pada Tahun 2014

Dikutip langsung dari halaman unbk.kemdikbud.go.id, penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pertama kali pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia, Singapura, dan SMP Kuala Lumpur (SIKL). 

Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). 

UNBK Pada Tahun 2015

Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri. 

UNBK Pada Tahun 2016

Pada tahun 2016 dilaksanakan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 4382 sekolah yang tediri dari 984 SMP/MTs, 1298 SMA/MA, dan 2100 SMK. 

UNBK Pada Tahun 2017

Jumlah sekolah yang mengikuti UNBK tahun 2017 melonjak tajam menjadi 30.577 sekolah yang terdiri dari 11.096 SMP/MTs, 9.652 SMA/MA dan 9.829 SMK. 

UNBK Pada Tahun 2018

Meningkatnya jumlah sekolah UNBK pada tahun 2017 ini seiring dengan kebijakan resources sharing yang dikeluarkan oleh Kemendikbud yaitu memperkenankan sekolah yang sarana komputernya masih terbatas melaksanakan UNBK di sekolah lain yang sarana komputernya sudah memadai.

Pada tahun 2018 kemarin, perkembangan yang signifikan ditunjukkan pada penyelenggara UNBK di seluruh sekolah dengan total 59.467.

UNBK Pada Tahun 2019

Dan puncaknya pada rapat koordinasi yang terselenggara pada tanggal 8 Oktober 2018 baru - baru mi dapat dipastikan 100% sekolah akan mengadakan UNBK, dengan total keseluruhan berkisar sebanyak 98.000 sekolah yang terdiri dari SMP, MTs, SMA. MA, dan SMK.

perkembangan sekolah UNBK

Gimana? bangga kan? Negara Indonesia bisa dibilang sudah memasuki era digital pada tahun berikutnya, keseluruhan anak akan lebih mengenal dengan yang namanya linkungan yang berbasis elektronik.

Mulai dari kehidupan belajar, di rumah, sampai Ujian Nasional dilaksanakan menggunakan sistem komputer.

Akan tetapi, jangan terlalu tergiur dengan keindahan dari kemajuan zaman ya dekkk. Gunakan secara positif dari teknologi yang digunakan ini, jangan malah menggunakannya untuk hal yang tidak baik.

Para orang tua pun juga harus selalu mengawasi putra putrinya dalam melakukan kegiatan yang yang berhubungan dengan teknologi tersebut.
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar