Skip to main content

Cara Print atau Simpan Info GTK yang Baik dan Benar

Cara Print atau Simpan Info GTK yang Baik dan Benar
Cara Print atau Simpan Info GTK yang Baik dan Benar. Pencetakan info GTK menjadi kendala bagi sebagian guru. Kendalanya sangat beragam, yaitu ukuran kertas yang tidak sesuai dan saat di print info GTK yang dingginkan tidak sesuai harapan (tiak penuh satu satu kertas, kepotong, atau tidak bisa di simpan).

Banyak cara yang bisa anda lakukan guna mangatasi masalah print out info GTK tersebut. Agar hasil print out yang ditampilkan bisa utuh, lengkap semua, dan tentunya sesuai dengan kertas yang digunakan.

Persiapan yang harus disiapkan adalah browser google chrome sebagai modal yang utama, dan aplikasi Foxit Reader untuk alternatif bahan tutorial ini.

Cara Print atau Simpan Info GTK yang Baik dan Benar

Info GTK adalah hal wajib yang harus diketahui para guru dan dan tenaga kependidikan. Tujuannya guna melakukan pengecekan hasil verifikasi data yang sudah di kirim melalui aplikasi dapodik. Apakah status validasi tunjangan profesi yang tertera sudah tervalidasi atau belum.

Untuk print/simpan info GTK yang sesuai, pertama - tama harus anda lakukan adalah membuka semua kolom yang tertutup (yang sekiranya penting) pada tab - tab di Info GTK yang sudah tertera di monitor browser anda. Biasanya terdapat di bawah sendiri. 

Cara Print atau Simpan Info GTK di Google Chrome yang Baik dan Benar 


Jelas pakai google chrome, tapi disini yang saya maksud adalah tools default print milik google chrome.

Mengapa kok tidak pakai firefox aja min?

Tools print yang terdapat di google lebih mudah dipahami karena juga menampilkan tampilan/preview sebelum di print. Sedangkan kalau menggunakan browser mozilla firefox, yang muncul setelah anda klik CTRL + P adalah kolom print yang tidak ada tampilannya.

Okelah, simak ulasan berikut ini

Eiits, bentar gan..

Pertama tama admin akan menyarankan anda untuk menambahkan ukuran kertas F4 default yang ada di windows. Jika yang digunakan adalah ukuran F4.


Baca : Cara Menambah Ukuran Kertas F4 (21,5 x 33) di Windows (Permanen)

Cara Pertama

Cara yang pertama untuk print info GTK yaitu menggunakan tools default Print Google Chrome. Tools ini memungkinkan anda melakukan setting print out seperti pengaturan pada microsoft word, pdf, dan lainnya. Caranya adalah sebagai berikut...


1. Tekan CTRL + P maka akan muncul tampilan seperti ini.

Cara mencetak Info GTK

2. Pilih cara penggunaan, apakah anda ingin menyimpannya menjadi PDF atau ingin langsung melakukan print out. Caranya dengan mengklik tombol Change maka akan muncul tampilan seperti ini.




3. Pilih media printer yang akan anda gunakan.
4. Saya sarankan untuk melakukan penyimpanan/Save As terlebih dahulu agar sewaktu - waktu dibutuhkan tidak usah mengakses laman website info GTK secara online lagi.
5. Atur kertas dengan cara mengklik +More Setting >> Papper Size >> F4/Legal/A4.


Jika tidak ada ukuran kertas F4, saya sarankan untuk mengubah ke ukuran kertas A4 saja. 

5. Klik Print.



Cara Kedua

Karena cara yang pertama ada kelemahannya yaitu anda tidak bisa mengatur langsung kertas F4 yang biasanya digunakan maka bisa menggunakan cara yang kedua di bawah ini.



1. Tekan tombol CTRL + Shift + P



2. Pilih printer, lalu tekan preferences untuk melakukan pengaturan kertas yang akan anda gunakan.
3. Pilih tabs page setup

4. Pada bagian page size, pilih yang paling bawah sendiri (custom). Atur seperti pada gambar di bawah ini (ukuran F4)




5. Klik OK, lalu tekan print. Maka hasil print out dari info GTK Tahun Pelajaran 2018/2019 akan berhasil di cetak.


Cara Alternatif Menyimpan INFO GTK dengan Tools tambahan Foxt Reader

  1. Download dan Install aplikasi Foxit reader
  2. Tekan CTRL + P, maka akan muncul tampilan seperti pada cara alternatif di atas
  3. Cari print yang bertuliskan Foxit Reader Pdf Printer
  4. Klik print, lalu pilih tempat penyimpanan
  5. Selesai...
Yapp, cuma itu saja Panduan Cek Info GTK Tahun Pelajaran 2018/2019 dan Cara Mencetaknya. Semoga bermanfaat, jangan lupa Share ya!!!
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar