Skip to main content

Cara Print Pdf agar Sesuai dengan Ukuran Kertas dan Tidak Terpotong

Cara Print Pdf agar Sesuai dengan Ukuran Kertas dan Tidak Terpotong
Cara Print Pdf agar Sesuai dengan Ukuran Kertas dan Tidak Terpotong. Banyak dari sekian kalangan seperti pekerja kantoran, mahasiswa, siswa, bahkan guru dan dosen masih bingung menghadapi pencetakan dokumen berformat pdf ini. Permasalahan yang sering dihadapi adalah ukuran kertas tidak full, kertas terpotong, dokument print kekecilan, atau kertas yang diminita tidak sesuai harapan, khususnya pada kertas F4 yang dari standar internasional memang tidak ada di default setting pada windows.


Tutorial simple tapi sangat berpengaruh ini bisa berguna untuk anda yang masih awam dalam penggunaan komputer dan pengoperasian printer. Caranya masih berkaitan dengan setting kertas pada microsoft word. Akan tetapi tempatnya berbeda

Cara Print Pdf agar Sesuai dengan Ukuran Kertas dan Tidak Terpotong

PDF adalah format dokumen yang hanya bisa diakses oleh program program tertentu saja seperti adobe reader, foxit reader, nitro, dll. Biasanya dokumen yang dijadikan pdf adalah dokumen - dokumen penting yang sifatnya tidak bisa diedit secara sembarangan.

Hal itu juga kelebihan dari dokumen pdf itu sendiri. Contohnya untuk print dokumen penting seperti skripsi atau karya tulis ilmiah. Isi dari skripsi tidak akan berubah sama sekali jika di ubah formatnya menjadi pdf.

Pernah kan mengalami dokumen skripsi yang jadi berantakan karena di buka di microsoft versi sebelumnya atau setelahnya. Yapp, mengubahnya ke format pdf adalah solusinya.

Cara Print Pdf agar Sesuai dengan Ukuran Kertas dan Tidak Terpotong


Kembali lagi ke topik utama, yaitu tentang cara print PDF yang baik dan benar dan sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan.

Pengaturan pada menu printer adalah poin utamanya. Pastikan printer yang anda gunakan sesuai, jadikan default printer jika perlu.

Untuk tutorial print pdf ini admin menggunakan aplikasi Foxit Reader, karena terbilang cukup enteng dan tidak memakan banyak RAM di windows.


1. Pertama tama, buka dokumen berformat pdf
2. Buka menu print/ CTRL + P
3. Pada pilihan menu printer, pastikan printer yang di atur sudah sesuai dengan yang tersambung di komputer anda.


4. Klik Properties/Printer Properties
5. Maka akan muncul tampilan setting printer tersebut. (Setiap Printer mempunyai kolom pengaturan yang berbeda beda)


6. Pada kesempatan kali ini admin akan menggunakan printer canon IP 1900
7. Yang akan digunakan digunakan sebagai patokan adalah di bagian Page Setup
8. Atur kertas yang anda gunakan dengan menggantinya pada bagian Page Size


9. Klik OK
10. Pastikan tampilan preview sudah sesuai, dan tidak ke potong.
11. Apabila terpotong, itu artinya kertas default yang digunakan dokumen PDF tersebut tidak sesuai. (kertas A4 harus diatur A4, dan kertas F4 harus diatur F4)
12. Jika kertas default yang dipakai legal, dan kertas yang digunakan tidak tersedia. Gunakan fitur fit to printer margin. Maka ukuran akan disesuaikan dengan kertas yang sudah anda atur pada step 1-11 tadi.


12. Setelah tampilan preview pada kertas sudah sesuai, silahkan lanjutkan print dokumen pdf tersebut.
13. Selesai :D Mudah kan, cuma 12 Step

Semoga Cara Print Pdf agar Sesuai dengan Ukuran Kertas dan Tidak Terpotong yang blog Tiga Mata bagikan ini bisa bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar