Skip to main content

Download Buku Pegangan Penilaian HOTS Pdf

Download Buku Pegangan Penilaian HOTS Pdf
Download Buku Pegangan Penilaian HOTS Pdf | Buku HOTS yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan Kemdikbud pada tahun 2018 dibuat dengan tujuan agar para pendidik, kepala sekolah, pengawas, dan pihak penyelenggara pendidikan memiliki pemahaman sejalan dengan kebijakan Kemdikbud berkaitan dengan penilaian HOTS.

Format buku Pegangan Penilaian HOTS ini adalah pdf yang bisa anda akses melalui komputer atau pun android. Melalui buku pegangan ini, pendidik diharapkan tidak akan mengalami kendala berarti dalam penerapannya.

Rincian isi buku yang admin bagikan adalah sebagai berikut :

  1. Penjelasan mengenai diskripsi singkat tentang apa itu HOTS?
  2. Penilaian sikap pada pembelajaran berorientasi HOTS
  3. Penggunaan bentuk soal seragam (soal pilihan ganda HOTS, soal Uraian HOTS
  4. Tingkatan level kognitif pada HOTS, dan pemaparannya (3 level)
  5. Langkap - langkah penyusunan soal HOTS SD, SMP, SMA, SMK, PAUD, PLB, dan satuan pendidikan terkait lainnya.
Kenapa sih harus model soal HOTS harus dibuat?

Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).


Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik yang meliputi aspek: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku peserta didik. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik, sedangkan penilaian keterampilan dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu. Penilaian hasil belajar oleh pendidikbertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. 

Penyempurnaan kurikulum 2013 antara lain pada standar isi diperkaya dengan kebutuhan peserta didik untuk berpikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional, sedangkan pada standar penilaian memberi ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Penilaian hasil belajar diharapkan dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), karena berpikir tingkat tinggi dapat mendorong peserta didik untuk berpikir secara luas dan mendalam tentang materi pelajaran. 

Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk penilaian yang baru bagi guru dalam melakukan penilaian. Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru dalam melakukan penilaian. Guru dalam penilaian ini harus menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS.
  • Buku Pegangan Penilaian HOTS Pdf, DOWNLOAD
Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar